Hai kawan kawan semua, Kembali ane menulis sebuah tulisan yang menurut agan-agan sekalian tidak terlalu penting namun pada suatu hari akan menjadi hal yang sangat penting bagi agan semua. Namun sebelumnya,  berilah saya untuk bercerita sepatah maupun dua patah kata sebelum ane melanjutkan apa yang akan ane bahas hari ini. Oke sebelumnya ane mau menyapa sahabat-sahabat ane yang di Bali yang lagi mau menyabut hari Raya Tahun baru Bali Yaitu hari raya Nyepi. Mungkin bagi sebagian teman-teman ada yang sudah mengetahui apa itu Nyepi. Oke disini saya akan membahas sedikit kiranya apa itu nyepi.

Nyepi  berasal dari kata sepi (sunyi, senyap). Hari Raya Nyepi sebenarnya merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/kalender caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Tidak seperti perayaan tahun baru Masehi, Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. Tidak ada aktivitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, seperti Bandar Udara Internasional pun tutup, namun tidak untuk rumah sakit. Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos (alam semesta). Sebelum Hari Raya Nyepi, terdapat beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu, khususnya di daerah Bali.

Sebelum melakukan penyepian ada serangkaian upacara yang harus dilakukan antara lain:

  1. Melasti/Mekiis/Melis: Tiga atau dua hari sebelum Nyepi, umat Hindu melakukan Penyucian dengan melakukan upacara Melasti atau disebut juga Melis/Mekiyis. Pada hari tersebut, segala sarana persembahyangan yang ada di Pura (tempat suci) diarak ke pantai atau danau, karena laut atau danau adalah sumber air suci (tirta amerta) dan bisa menyucikan segala leteh (kotor) di dalam diri manusia dan alam.
  2. Mecaru: Sehari sebelum Nyepi, yaitu pada “tilem sasih kesanga” (bulan mati yang ke-9), umat Hindu melaksanakan upacara Buta Yadnya di segala tingkatan masyarakat, mulai dari masing-masing keluarga, banjar, desa, kecamatan, dan seterusnya, dengan mengambil salah satu dari jenis-jenis caru (semacam sesajian) menurut kemampuannya. Buta Yadnya itu masing-masing bernama Pañca Sata (kecil), Pañca Sanak (sedang), dan Tawur Agung (besar). Tawur atau pecaruan sendiri merupakan penyucian/pemarisuda Buta Kala, dan segala leteh (kekotoran) diharapkan sirna semuanya. Caru yang dilaksanakan di rumah masing-masing terdiri dari nasi manca (lima) warna berjumlah 9 tanding/paket beserta lauk pauknya, seperti ayam brumbun (berwarna-warni) disertai tetabuhan arak/tuak. Buta Yadnya ini ditujukan kepada Sang Buta Raja, Buta Kala dan Batara Kala, dengan memohon supaya mereka tidak mengganggu umat.
  3. Pengerupukan: Acara yang ketiga ini adalah acara yang paling di tunggu-tunggu oleh sebagian besar warga dan gak kalah juga para wisatawan asing pun tertarik dengan acara ini. Pengerupukan yaitu menyebar-nyebar nasi tawur, mengobori-obori rumah dan seluruh pekarangan, menyemburi rumah dan pekarangan dengan mesiu, serta memukul benda-benda apa saja (biasanya kentongan) hingga bersuara ramai/gaduh. Tahapan ini dilakukan untuk mengusir Buta Kala dari lingkungan rumah, pekarangan, dan lingkungan sekitar. Khusus di Bali, pengrupukan biasanya dimeriahkan dengan pawai ogoh-ogoh yang merupakan perwujudan Buta Kala yang diarak keliling lingkungan, dan kemudian dibakar. Tujuannya sama yaitu mengusir Buta Kala dari lingkungan sekitar.
  4. Penyepian:Keesokan harinya, yaitu pada pinanggal pisan, sasih Kedasa (tanggal 1, bulan ke-10), tibalah Hari Raya Nyepi sesungguhnya. Pada hari ini suasana seperti mati. Tidak ada kesibukan aktivitas seperti biasa. Pada hari ini umat Hindu melaksanakan “Catur Brata” Penyepian yang terdiri dari amati geni (tiada berapi-api/tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan). Serta bagi yang mampu juga melaksanakan tapa, brata, yoga, dan semadhi.

    Demikianlah untuk masa baru, benar-benar dimulai dengan suatu halaman baru yang putih bersih. Untuk memulai hidup dalam tahun baru Caka pun, dasar ini dipergunakan, sehingga semua yang kita lakukan berawal dari tidak ada,suci dan bersih. Tiap orang berilmu (sang wruhing tattwa jñana) melaksanakan brata (pengekangan hawa nafsu), yoga (menghubungkan jiwa dengan paramatma (Tuhan)), tapa (latihan ketahanan menderita), dan samadi (manunggal kepada Tuhan, yang tujuan akhirnya adalah kesucian lahir batin).

    Semua itu menjadi keharusan bagi umat Hindu agar memiliki kesiapan batin untuk menghadapi setiap tantangan kehidupan pada tahun yang baru.

  5. Ngembak Geni: Rangkaian terakhir dari perayaan Tahun Baru Saka adalah hari Ngembak Geni yang jatuh pada “pinanggal ping kalih” (tanggal 2) sasih kedasa (bulan X). Pada hari ini Tahun Baru Saka tersebut memasuki hari ke dua. Umat Hindu melakukan Dharma Shanti dengan keluarga besar dan tetangga, mengucap syukur dan saling maaf memaafkan (ksama) satu sama lain, untuk memulai lembaran tahun baru yang bersih. Inti Dharma Santi adalah filsafat Tattwamasi yang memandang bahwa semua manusia di seluruh penjuru bumi sebagai ciptaan Ida Sanghyang Widhi Wasa hendaknya saling menyayangi satu dengan yang lain, memaafkan segala kesalahan dan kekeliruan. Hidup di dalam kerukunan dan damai.

    dikutip dari Wikipedia

Itulah serangkain dari upacara Nyepi di bali. Nyepi tahun ini dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2014. Ane udah kagak sabar nie ngarak ogoh-ogoh yang ada di Lingkungan rumah ane. pasti seru lah. bagi temen-temen yang pengen menonton acara ini, monggo gan pergi ke bali. hehehehe. nanti untuk foto-foto ogoh-ogohnya entr fotonya nyusul ye.. 😀

Oke gan. segitu dulu perbincangan untuk hari ini, dan janji saya hari ini adalah mengetahui morfologi dari gigi sulung. bagi para mahasiswa – mahasiswa kedokteran gigi, silakan merapat kesini karena kuliah untuk hari ini akan segera dimulai. siapkan perlengkapannya seperti: rokok, snack, kopi, susu, teh, dan lain sebagainya. kalau sudah mendapat posisi wenak segera kita mulai.

Gigi sulung apa sih? giigi sulung atau decidui atau lagi yang sering kita kenal gigi susu  itu adalah gigi yang dimiliki oleh anak-anak sampai umur 13tahun dan akan digantikan oleh gigi tetepnya atau disebut gigi permanent.

Berapa jumlah gigi susu dan gigi permanen?

  1. gigi susu berjumlah: 20buah(gigi seri 8, taring 4, geraham 8) dalam bahasa kedokteran (i1, i2, c, m1,m2/perkuadran)
  2. gigi permanen : 32 buah (gigi seri 8, taring 4,geraha,m kecil 8, graham besar 12) bahasa kedokteran (I1, I2, C, P1,P2, M1, M2, M3

Fungsinya gigi sulung apa? Kan bakal di ganti ama gigi permanennya?

  1. Untuk mengunyah makanan
  2. Menyiapkan tempat bagi gigi permanan/ gigi pengganti
  3. Merangsang pertumbuhan rahang
  4. Untuk perkembangan bicara
  5. Estetik (keindahan wajah)

Fase-fase pertumbuhan gigi :

1. Growth /pertumbuhan

  • Inisiasi -> Pembentukan awal, pembetukan dimulai dari mingu ke 6 I.U (intra uterin). Benih gigi mulai terbentuk dari proliferasi sel-sel basal layer yang berasal dari ephitel rongga mulut menjadi lengkung gigi.
  • Proliferasi ->Sel-sel bertambah banyak.
    • terbentuk di minggu ke 10 I.U.
    • Sel-sel berproliferasi secara terus menerus.
    • 10 benih gigi setiap lengkung.
    • Sel – sel mesenchym memadat -> Dental papila membentuk pulpa dan dentin
    • Jaringan Mesenchym memadat -> Jaringan fibrous (dental sac) akan menjadi cementum, periodontium, tulang alveol
  • Histodiferensiasi ->Perubahan sel
    • Sel-sel bertambah banyak-> Benih gigi bertambah besar.
    • Sel squamus sudah mengalami diferensiasi menjadi stratum inter medium -> pembentukan enamel
    • benih gigi permanen mulai terbentuk disebelah lingual dari gigi sulungnya. molar permanen disebelah distal mola kedua sulung.
    • Dental papila -> odontoblast
  • Morphodiferensiasi ->Perubahan bentuk
    • Invasi sel-sel mesenchym ke sentral
    • sel-sel innerenamel ephitelium -> sel silindris -> ameloblast-> enamel
    • enamel epithelium meluar ke jaringan mesenchym sekitar dentin papila -> hertwig’s sheat -> membentuk kountur akar
    • odontoblast bersama-sama dengan korff fiber membentuk dentin
    • D.E.J dan D.C.J berbentuk
    • Bentuk dari seriap gigi mulai jelas
  • Aposisi ->Pembentukan enamel sempurna
    • Ameloblast bergerak ke perifer meinggalkan enamel matriks berlapis-lapis D.E.J -> enamel prisma. kalsifikasi kurang lebih 25-30%
    • odontoblast bergerak kedalam meninggalkan tonjolan protoplasma -> tome’s fiber.
    • odontoblast bersama-sama dengan korf fiber membentuk bahan collagen ->pre dentin, berlapis D.E.J. kalsifikasi belum ada

2. Kalsifikasi -> proses mengerasnya jaringan organik karena tertimbunnya garam-garam kapur didalamnya.

  • urutan kalsifikasi menurut KRAUSE:
    • i1, m1, i2, c,m2
    • i1, m1,i2, atas lebih dahulu dari pada bawah
    • c bawah lebihdulu daripada atas
    • m2 atas bawah bersamaan

3. Erupsi -> Bila sebagian akar telah mengalami kalsifikasi ->gigi akan erupsi dengan menembus tulang alveolar. kecepatan erupsi sampai mencapai gari oklusal dari setiap gigi berbedadi pengaruhi juga oleh luas permukaan gigi.

4. Atrisi

  • Aus karena pemakaian sehari-hari /faktor fisiologis
  • bila gigi telah erupsi, mencapai garis oklusal dan bertemu dengan antagonisnya, pada waktu pengunyahan akan mengalami keausan.

5. Resorbsi dan Tanggal Gigi Sulung

dengan pertumbuhan benih gigi permanent sel odontoblas (giant sel) menjadi aktif, merusak tulang pemisah antara benih gigi permanen dan gigi sulungnya. kemudian terus melanjut merusak akar gigi seulungnya -> resorbsi akar gigi sulung-> berhadapan dengan arah timbulnya benih gigi permanen -> gigi sulung goyang-> tanggal fisiologis.

Selama pertumbuhan gigi permanent dapat mengalami kelainan, yang di pengaruhi oleh keadaan lingkungan, kekurangan nutrisi, penyaki dan lain-lain. contoh : enamel Hypoplasi, enamel Hypokalsifikasi

Berikut adalah Kronologi pertumbuhan gigi. Bagi kalian yang belum siap, tidur lah sejenak atau tenangkan pikiran kalian dengan hal yang membuat batin kalian terasa melayang.karena berikut ini adalah pelajaran yang akan memutar otak anda. jadi bagi yang belum siap, silakan meninggal kan tempat duduk.

oke bagi yang sudah siap, kita akansegera memulainya.

Untuk erupsi gigi Sulung

  • Umur 6 bulan insisif bawah pertama
  • umur 7 bulan insisif bawah kedua
  • umur 7,5 bulan insisif atas pertama
  • umur 8 bulan insisif atas kedua
  • umur 12 bulan / 1tahun Molar pertama bawah
  • umur 14 bulan/ 1 tahun 2bulan Molar pertama atas
  • umur 16 bulan/1 tahun 4bulan  Caninus bawah
  • umur 18 bulan /1 th 6bulan Caninus atas
  • Umur 20 bulan / 1th 8 bulanMolar kedua bawah
  • Umur 24 bulan/2 tahun Molar kedua atas

Utuk Tanggal gigi sulung

  • Umur 6th insisif pertama bawah
  • umur 7 th insisif pertama atas dan insisif kedua bawah
  • 8 tahun Insisif kedua atas
  • umur 9tahun Molar pertama atas dan molar pertama bawah
  • umur 10 tahun Kaninus bawah dan molar kedua bawah
  • umur 11 tahun Kaninus atas dan molar kedua atas

Untuk Erupsi gigi permanen di bagi menjadi dua, Monggo gan :

1. Untuk Wanita

  • 6th -> Molar pertama atas dan insisif pertama dan molar pertama bawah
  • 7th -> Insisif pertama atas dan insisif kedua bawah
  • 8th – 9th -> insisif kedua atas
  • 10 th -> premolar pertama atas dan caninus dan premolar pertama bawah
  • 11 th -> caninus dan premolar kedua atas, premolar kedua bawah
  • 12th – > Molar kedua atas, molar kedua bawah

2. Untuk Pria

  • 6th -> Molar pertama atas, Insisif pertama dan molar pertama bawah
  • 7th -> Insisif pertama atas
  • 8th – 9th-> insisif kedua atas dan insisif kedua bawah
  • 10 th -> premolar pertama atas
  • 11 th -> premolar kedua atas, caninus dan premolar pertama bawah
  • 12 th -> kaninus dan molar kedua atas, premolar kedua dan molar kedua bawah

Bagaimana? apa kalian sudah mulai mual? atau sudah muntah dari tadi? oke sekarang kalian ke Apotek terdekat beli obat mual. segera….

itu lah sebagian dari benyaknya materi yang kami pelajari di kedokteran gigi, semogakalian yang mempunyai keinginan untuk masuk ke Fakultas Kedokteran Gigi di tempat kalian, supaya kalian sudah mempersiapkan sedini mungkin supaya tidak kaget atas apa adanya yang di sajikan di sini.

akhirkan saya ucapkan terimakasih atas waktunya yang telah anda berikan untuk membaca tulisan ini.

Terimakasih 🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan