Hi… sahabat JaC. disini ane mau membagi cerita kembali kepada kawan-kawan penikmat dunia maya. Sekarang ane mau cerita tentang perjalan pagi ane yang lagi-lagi kurang menyenangkan. Diawali dari menyalakan mobil mungil ku saebut aja namanya ETIHAD. Rokok Malboro Merah ane sisipkan di dua jari ane dengan susu hangat tanpa gula kesukaan ane. Sambil menunggu si asap habis dan si putih lenyap ane memegang sesuatu yang pasti menurut ane kalian kagak suka. Itu adalah Buku Oral Medicine (Penyakit Mulut). Dengan suara mobil tua ane yang seperti meronta-ronta ane membuka satu persatu materi itu, dan yang perlu sahabat JaC bayangkan, tebal buku ini setara tebal Lengannya si Ade Rai #ngelantur ah. Sumpah gila ini membuat pala ane migren kembali. #what is the maining migren? migren adalah sakit kepala sebelah. oke cukup untuk migren karena sekarang bukan saatnya membahas penyakit laknat itu.

Setelah beberapa saat, akhirnya di red dan si susu udah hilang dari hadapan ane, akirnya ane masukan perseneling si Eti dan ku genjot keliling kota. Sambil mendengar sebuah singgle dari salah satu band indi yang sudah terkenal di daerah Bali, yang manya THE BROTHER’s dengan judul lagu motor tua, kalo mau denger monggo kelik dimari gan.

Selang beberapa saat, kejadian janggal yang sering terjadi disini, dan selalu terulang setiap hari ini berhasil membuat hari ku menjadi kelabu kembali. MACET….. macet adalah suatu hal yang dimana membuat kamu bosan, panas, stres, pengen bunuh orang, dan yang tidak bisa kita hentikan adalah Telat ke kampus. Namun ane nanggepin nya biasa-biasa aja sih. KENAPA? becausee…. hari ini hari jumat, saat nya ane mendapat Lab IKGM. IKGM apa bang? IKGM itu singkatan dari Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat. #Kok agan ga takut? oke takut sih pasti, namun dosen-dosen yang di lab ini adalah dosen dari kumpulan para peri – peri yang baik hati. dengan tenang ane meminta maaf kepada sang dosen. dan maaf ane di terima.

itu perjalan pagi ane yang sedikit ada masalah. Judul di atas apa ya? ohhh…. iya, hari ini adalah jadwal saya untuk Test Keluar dari lab Oral Medicine. Karena sudah menyelesaikan semua kasus yang di targetkan makanya ane dan temen-temen seperjuangan ane di beri test untuk keluat lab. Selang beberapa menit kemuadian, Dua bidadari datang membawa soal, sebut saja namanya Flapy dan Bird.#Loh kok kayak permainan Jahanam itu ya?  ganti aja, sebut saja namanya Krisda dan Yanti. #eh entr abang timor ngamuk. :D.

Krisda dan Yanti mulai memasuki ruangan, dengan pandangan tajam ala wanita yang sangat membuat jantung berdebar, eh…. entr Bini ane baca bahaya ni. Kemudian Soal di bagikan dan terlihat tampilan seperti ini.

  1. Seorang pasien datang ke klinik kedokteran gigi untuk memeriksakan mulutnya yang sakit sejak 1 bulan yang lalu, Pemeriksaan Intra otral menunjukan ada lesi berwarna keputiha dan di tengahnya terdapat warna keunguan, jika di palpasi jaringan tersebut sangat lunak. dan pasien merasa sangat leleh.
  2. seorang pasien datang ke klinik gigi untuk memeriksakan mulutnya yang sakit setelah menggunakan lipstik yang di belinya kemaren. pemeriksaan intra oral terdapat lesi berwarna putih, dengan diameter 5mm. lesi apa itu? dan bagaimana cara perawatanya
  3. seorang mahasiswa datang ke klinik gigi ingin memeriksaakan mulutnya yang sakit. pasien merasa perih, dan saat ini pasien akan melakukan ujian akhir semester, pasien bercerita bahwa Setiap dia mau Ujian pasti sakit ini selalu datang, Pemeriksaan intra oral terdapat lesi dengan lebar 8mm. dan pasien merasa lelah.

Jawaban ane

  1. Lesi yang diatas itu adalah RAS (Recurent Apthous Stomatitis). perawatannya, pemberian bufacom
  2. DX: Traumatic ulcer, perawatannya aloclair
  3. dx: RAS lagi, Perawatan Bufacom.

Ane kagak yakin bener ape kagak ni jawabannya. ternyata benar yang ane takutkan, semua yang ane jawab Gagal total, tapi ada sih yang nomer 3 di bilang benar. ya benar 1 aja kagak kenapa.

Maksud Tulisan yang ane buat ini bertujuan untuk temen-temen yang sudah mendalami atau mengetahui lebih dalam tentang penyakit ini, mohon donk bersedianya jari suci agan senior untuk menjawab apa yang sudah ane ceritakan di atas, Karena jawaban dari agan yang lebih berkompeten adalah suatu kehormatan bagi saya.

ya sudah, cukup hari ini. soalnya mulut ane udah kering pengen di rokok in, disini ruangan berAC, kasian orang-orang disini ngirup karbon monoksida bekas ane.

bye

 

 

 

 

