zahnarzt,instrumente,gebissHari ini adalah hari yang penuh dengan kekampretan. ke kapretan ane  berawal dari bangun pagi sehat ane yang berantakan. Subuh-subuh alaram bejat ane bersua mengganggu tidur cantik ku yang lelap. Saat itu nada alarm ane bergendere musik rock n roll rido roma. #kamsud? suara bising itu berhasil membangunkan ku dari pelaminan ku, namun berselang beberapa menit setelah ane matikan alarm, mata indah ku menutup mata kembali dan akhirnya tertidur lelap kembali bak putri salju yang menunggu sang pangeran mencumbu bibir indah ane #stop maho please. Kemudian tidur ane berahir dengan suara ps adek gw yang lagi maen Bully. kalo ga salah waktu menunjukan pukul 10 waktu setempat. Dengan tenang gw mengucapkan Sh*t berpuluh2 kali. Dengan berbekal perut sakit, ane memetik sebatang rokok kenikmatan dan berbeolria sambil mengembuskan nafas kenikmatan. Dengan pasrah ane berangkat ke kampus demi mecapai target yang harus aku selesaikan dan di temani lagu cadas ala SOAD.

akhirnya ane ketemu kampus dan mulai membuat alasan dengan alasan ban mobil pecah dan di tilang polisi. alasan manis ane d terima oleh dosen-dosen cantik di lab prosto. Hari ini adalah janji ane untuk diskusi dengan dokter pembimbing cantik gw, sebut saja namanya Mawar. Muka yang ke-biutifulannya membuat jantung ane berdebar kencang dan juga bagian yang lain menjadi kencang juga. #Maniak Gila. Eh… ngelantur ah. Dengan gaya ane ala Evlis presli yang penuh enerjik ane beranikan diri untuk melewati diskusi indah ini dengan penuh semangat. Ane berharap Doi (Mawar) ga bisa diskusi sekarang, dan ternyata harapan ku tidak terpenuhi dan jadinya memang hari ini ane diskusi. #agak sedih sedikit.

Menurut judul yang ane buat diatas, itulah yang akan ane diskusi kan dengan Si Mawar. tentang cara PENETAPAN GIGIT PADA FULL DENTURE. Bagia sahabat Hawam, full denture itu adalah gigi palsu yang penuh yang sering di pake oleh orang-orang tua termasuk kakek gw. Sebelum menjadi gigi palsu ada tahapan yang berlika liku untuk menyelesaikannya. nah sekarang ane mau menceritakan cara penetapan gigit versi JaC. monggo simak yang merasa diri mahasiswa kedokteran gigi.

Tahap PENETAPAN GIGIT

  1. Persiapkan : Pantum, Galengan gigit, Dan pasiennya (kalo ga ada pasien sapa yang mau lo praktekin?)
  2. Mempersiapkian semuanya dan menginstruksikan supaya pasien dalam keadaan relax dan tenang
  3. Masukan galengan gigit rahang atas dan cek labial fullness. melihat apakah sipasien merasa galengan gigit terlalu penuh. dan lihat Filtrumnya apakah kencang, usahakan filtrumnya tidak kencang dan tidak kendor. tekan daerah bibir cek supaya tidak ada step.
  4. Kalau sudah selesai keluarkan galengan gigit rahang atas dan masukan galengan gigit rahang bawah, lakukan tindakan yang sama.
  5. Kemuadian membuat garis Chumber dengan merentangkan benang dari tragus kanan sampai tragus kiri dengan melewati filtrum.
  6. tentukan kesejajaran galengan gigit rahang atas dan yang bawah mengikuti
  7. tentukan tinggi gigitnya dengan cara lepas semua galengan gigit dan instruksikan pasien mengucapkan huruf M sampai pasien lelah (jangan ampek Koit gan). ukur dengan jangka jarak antara ujung hidung dan ujung dagu ini untuk mencari rest posisi dari pasien. setelah itu pasang galengan gigit atas bawah dan instruksikan pasien untuk oklusi sentris kemudian ukur jaraknya. setelah dapat semua ukur freways spacenya dengan cara Rest posisi – Oklusi. didapat lah jawabannya. kalau jawabannya 2 – 4 mm berarti tinggi gigit sudah benar.
  8. kemudian di di galengen gigit rahang atas di tambah bendolan malam di bagian paling distal, instruksikan pasien untuk menyentuh bendolan itu sambil menutup mulutnya, itulah posisi paling distal dari gigi
  9. kemudian rahang bawah, pasien di istruksikan untuk menengadah dan lihat galengan gigit rahang bawah lebih retrusi dari rahang atas.
  10. oke ship lanjut ke menentukan garis sudut mulut untuk menentukan lebar mesio distal 6 gigi anterior.
  11. menentukan garis median
  12. menentukan garis senyum
  13. menetukan garis ketawa pasien
  14. setelah itu tarik nafas dan berdoa, supaya di acc ama dokter
  15. akhirnya di ACC, kemudian ane memanggil temen2 ane dan memperlihatkan keberhasilanku.
  16. setelah itu fiksasi galengan gigit dengan cara memanaskan isi dari steples dan fiksasi galengan gigitnya
  17. kemudian keluarkan #apanya? galengan gigitnya donk.
  18. kemudian tunjukan ke dokter, dengan manis dokter berkata. iya lanjutkan
  19. Ane kemudian salto dan koprol sambil bilang bukan Wow namun Suksma ratu Betara
  20. ane ambil buku dan nilai pun tertulis hitam di atas putih
  21. kemudian galengan gigit di tanam di altikulator #bukan Kalkulator.
  22. dan ampe sekarang belum di tanam 😦

Itu lah kejadian yang ane lakukan tadi, kalo ada kesalahan di tahapannya mohon di koreksi soalnya agak-agak lupa sih tahapan pastinya. kalo gitu ane pamit dulu ya. Maaf mengganggu hari-hari agan-agan semua.

salam Sukses dari JaC.

 

 

 

