Setelah 1 bulan lebih akhirnya penelitian saya selesai juga. Dengan  pengorbanan penuh dan susahnya menemukan tinjauan pustaka yang mendukung penelitian saya ternyata hasilnya menurut saya sangat memuaskan. kegagalan demi kegagalan saya alami…. revisi demi revisi saya lalui tapi tidak membuat semangat ini terkikis. Puji Tuhan yang telah memberi jalan terbaik buat saya hingga akhirnya nafas ini kembali bernafas setelah sekian lama terhenti gara-gara badai dan banjir penat dari kampus.

Seperti yang saya katakan tadi, penelitian yang saya lakukan sempat mengalami kegagalan. Setelah membuat media biakan MHB (Muller Hinton Blood) yang akan ditanam bakteri S.mutans, saya dan Bu amy (petugas mikrobiologi UNUD) menempelkan kertas saring yang sudah di rendam dengan teh hijau dan teh hitam dengan konsentrasi masing-masing 1%, 2,5%, dan 5%. Selama beberapa jam terlewatkan akhirnya selesai juga. Dengan perasaan senang saya memasukan media tersebut kedalam inkubator selama 24jam. Dengan kepala lega saya mengakat kaki dari lab tersebut dengan tersenyum berharap besok mendapatkan hasil dari penelitian saya.

Keesokan harinya saya mendapat kabar yang kurang sedap. Dari sms yang saya terima dari bu amy yang mengatakan penelitian saya gagal. saya kecewa tapi saya tidak menyerah, saya kembali membuat media tersebut dan kembali menunggu 1 hari namun hasilnya sama juga gagal. saya berfikir sejenak, “Apa mungkin teh nya yang bermasalah?” dengan mengorbankan uang 400ribu saya kembali membuat ekstrak teh dan segera kembali ke lab nya bu amy. dan akhirnya saya membuat kembali media tersebut dan hasil gagal.

Tuhan… ada apa dengan penelitian saya? cara dan susunan penelitan sudah saya ikuti menurut sumber . Apakah memang penelitian saya harus gagal? apa saya memberrikan hasil yang tidak ada gunanya ke dosen saya?? saya sempat putus asa, tapi seorang wanita yang sangat saya sayang dan saya cintai memberi saya suport dan menemani saya membeli bahan-bahan yang di perlukan lagi unutuk penelitian. tiba-tiba bapak saya telpon. bapak ibu saya tau kalo penelitian saya gagal terus. bapak berkata bahwa ibu saya bermimpi kalau penelitian saya akan berhasil. dan besoknya bu amy sms saya dengan tulisan penelitian kamu berhasil… oh senangnya hatiku….sungguh keajaiban.

Tidak sia-sia saya berusaha dalam penelitian ini akhirnya mendapat hasil yang sangat menggembirakan. Penelitian yang seharusnya selesai 1 hari saja berakhir menjadi 1 bulan lebih gara-gara kegalalan ini.

Ini foto hasil penelitian ku

IMG00486-20130109-1500

Terimakasi sudah membaca.

Iklan