Om Swastiastu

hai kawan2 semua…. apa kabar??? lama kagak jumpa nie? semoga kalian sehat selalu.

oya untuk umat muslim seluruhnya “SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI” YA. mohon maaf lahir dan batin kawan… maaf agak telat. hehe sekian lama kagak posting kangen juga sama comen2an kalian. hehehe

Dan sesuai dengan judul di atas  untuk umat Hindu semua nya “SELAMAT NYANGGRA RAHINA GALUNGAN LAN KUNINGAN” dumogi i rage sareng sami ngemolihang ke rahayuan. dan senantiasa damai selalu. bagi yang sudah mebat bagi2 lawar bos. heheheh.

aku mau share sedikit sejarah galungan dan kuningan seperti apa. saya jiplak dari situs resmi pemerintahan kota denpasar. heheh (males nulis) selengkapnya kelik disini xixix jadi seperti ini.

Sejarah Hari Raya Galungan masih merupakan misteri. Dengan mempelajari pustaka-pustaka, diantaranya Panji Amalat Rasmi (Jaman Jenggala) pada abad ke XI di Jawa Timur, Galungan itu sudah dirayakan. Dalam Pararaton jaman akhir kerajaan Majapahit pada abad ke XVI, perayaan semacam ini juga sudah diadakan.
Menurut arti bahasa, Galungan itu berarti peperangan. Dalam bahasa Sunda terdapat kata Galungan yang berarti berperang.

Parisadha Hindu Dharma menyimpulkan, bahwa upacara Galungan mempunyai arti Pawedalan Jagat atau Oton Gumi. Tidak berarti bahwa Gumi/ Jagad ini lahir pada hari Budha Keliwon Dungulan. Melainkan hari itulah yang ditetapkan agar umat Hindu di Bali menghaturkan maha suksemaning idepnya ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi atas terciptanya dunia serta segala isinya. Pada hari itulah umat angayubagia, bersyukur atas karunia Ida Sanghyang Widhi Wasa yang telah berkenan menciptakan segala-galanya di dunia ini.

jadi seperti itu kawan. kalo mau lebih jelas bisa kelik disini

liburan panjang ini kalian pada kemana? cerita donk.. soalnya saya punya temen, kerjaannya liburan muluk. kerja aja kagak bener maen liburan aja. makan gaji buta tuh orang. mentang-mentang punya pacar kerjaannya jalan-jalan aja. tapi tau kagak kalian, pacarnya itu seorang cowok metroseksual. hadeh… ternyata diya itu MAHO sodara-sodara. baiklah… kita sambut.. JAY IRENG

maaf jay, becanda. hehe. lama kagak nyeloteh kayak gini. gara-gara erdesak dengan kesibukan kampus. biasa lagi menjalankan persyaratan sarjana yaitu skripsi. otak ini rasa mau pecah. tapi jalani perlahan -lahan pasti bisa kok. heheh
maaf agak sedikit ngawur tulisannya karena masih sibuk mempersiapkan galungan. yang penting bisa di baca aja deh. hehehe

terimakasi

om santi santi santi om

Iklan