Om swastyastu

HI temen-temen yang saya cintai.

lama tak jumpa. gemana kabar? baik pastinya donk. Lewati hari dengan senyum dan pikiran yang tenang. karena dari pikiran positf akan membetuk kehidupan yang positif juga. kalian pasti pada tau kan.

oke sahabat-sahabt saya sekalian. Sekarang saya akan mencoba memposting tentang Hari raya Nyepi di bali seperti apa. mungkin temen-temen yang diluar bali belum paham “apa sih Nyepi itu?’  “ngapaen aja nyepi itu?” “apa gunanya Nyepi?”. kenpa saya katakan demikian karena pernah terjadi hal yang memang agak menjengkelkan pada perayaan Nyepi tahun lalu. mungkin karena belum paham atau bagai mana ada seseorang yang tega menghina upacara kami. Saya harap kejadian itu tidak terulang lagi. Junjung tinggi tenggang rasa antar umat beragama teman.

seperti yang saya janjikan saya akan menjelaskan. apa itu NYEPI? nyepi adalah adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun baru Caka. Apa itu tahun  caka? adalah tahun penanggalan umat hindu.  Hari Nyepi ini  jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup. Untuk itu umat Hindu melakukan pemujaan suci terhadap mereka.

Apa Tahapan Nyepi???

  • Melasti

Melasti itu adalah Penyucian yang dilakukan sebelum Penyepian. Semua sarana prasarana yang ada di pura di arak ke laut, danau, atau sumber mata air  yang suci yang di sebut tirta amerta. Tirta itulah yang dipercaya untuk menghilangkan kotoran (leteh) di diri manusia atau alam.

  • Pecaruan dan Pengerupukan

sehari sebelum nyepi biasanya dilakukan Pecaruan dan pengerupukan. Pecaruan ini dilakukan di perempatan atau di sekitaran rumah masing2  yang dimaksud untuk memberikan persembahan kepada Buta kala yang di sebut Buta yadnya. Dengan cara memberi sesajen memohon supaya tidak menggangu Umat.

Pengerupukan biasanya dimeriahkan dengan pawai ogoh-ogoh yang merupakan perwujudan Buta Kala yang diarak keliling lingkungan, dan kemudian dibakar. Tujuannya sama yaitu mengusir Buta Kala dari lingkungan sekitar.

  • Penyepian

Pada hari ini dilakukan Puasa Nyepi yang disebut “Catur Brata” Penyepian dan terdiri dari amati geni (tiada berapi-api/tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan). Brata ini dilakukan sejak sebelum matahari terbit. Demikianlah untuk masa baru, ditempuh secara baru lahir, yaitu benar-benar dimulai dengan suatu halaman baru yang putih bersih. Untuk memulai hidup dalam caka/tahun baru pun, dasar ini dipergunakan, sehingga ada masa amati geni.

  • Ngembak geni

adalah sehari setelah nyepi dan inilah tahun barunya umat hindu. di hari ini adalah saatnya untuk bersilahturahmi dengan antar sesama. saling mamaafkan dan melupakan masalah yang terjadi di tahun yang lalu. Berusaha bercermin dari keslahan yang kita buat ditahun-tahun yang lalu. dan mengawali hidup yang lebih baik.

untuk lebih jelasnya disini

itu sedikit penjelasan Nyepi.

Dan setidaknya saya dan sekeluarga besar  mengucapkan

“SELAMAT TAHUN BARU CAKA 1934. SEMOGA DI TAHUN YANG BARU INI KITA DILIMPAHKAN KETENTRAMAN DAN KEDAMAIAN UNTUK KITA SEMUA”

Om Santi santi santi Om

 

 

 

 

Iklan