Pagi-pagi yang agak sedikit tidak cerah seperti bisa ane menyalakan dispenser ane yang bermerek ***** kagak boleh nyebut merek, keenakan donk promosi geratis disini. hehe. Setelah panas ane membuka copi sasetan yang ane beli kemaren di warung tenda deket pasar kreneng. Pasar kreneng adalah pasar yang ada di daerah Denpasar. Setelah  copinya jadi dengan posisi yang santai ane duduk di depan TV

Emang enak kalo pagi-pagi di temani oleh secangkir Kopi susu sambil menonton Berita yang lagi Hot-hotnya. sampai kelupaan dengan kopinya yang masih hot. alhasil bibir ane tersengat kopi. asuuuu. lohh kok kagak nyambung ama judulnya. oke sekarang sesuai janji ane, ane mau membagi cerita untuk temen2 yang sudi kirannya membaca postingan ane.

berawal dari menonton berita di pagi hari, ane di kejutkan oleh satu berita yang membuat ane merinding ketakutan. (wah… kyknya gawat banget nie heheh) siapa yang kagak gemeteran coba kalo denger ni berita? rasa kopy  yang saya nikmati menjadi tidak ada rasa. kagak enak ngelpus… puss.. puss jadinya.

jadi beritanya kyk gini.

Diabetes melitus menyerang Usia 20-40thn. wah… wah… biasanya DM ini kan menyerang orang tua yang berusia 40 tahunan lah. nah sekarang sudah menyerang usia-usia muda. waduh serentak  matiin tuh rokok. kan rokok juga penyebab dari DM ini. seluruh bulu kuduk ku merinding. hadeh.. oke dalam artikel ini ane mau menjelaskan sedikitnya tentang DM. ane cari-cari referensi yang dapat di percaya. oke lanjut gan..

Kalian pada tau penyakit Diabetes Militus kagak? okeh kalian pasti pada tau. tapi ane mau mengumbar sedikit tentang Diabetes Mellitus. Seperti kebanyakan orang, mengenal DM ini yaitu Gejala Kencing Manis. secara medis DM ini adalah  suatu penyakit dimana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara cukup.

Nah.. apa itu Insulin?

Insulin adalah hormon yang dilepaskan oleh pankreas, yang bertanggungjawab dalam mempertahankan kadar gula darah yang normal. Insulin memasukkan gula ke dalam sel sehingga bisa menghasilkan energi atau disimpan sebagai cadangan energi. Nah, berapa kadar gula darah yang disebut tinggi? Menurut kriteria diagnostik PERKENI (Perkumpulan Endokrinologi Indonesia) 2006, seseorang dikatakan menderita diabetes jika memiliki kadar gula darah puasa >126 mg/dL dan pada tes sewaktu >200 mg/dL.

  • Kadar gula darah sepanjang hari bervariasi dimana akan meningkat setelah makan dan kembali normal dalam waktu 2 jam. Kadar gula darah yang normal pada pagi hari setelah malam sebelumnya berpuasa adalah 70-110 mg/dL darah.
  • Kadar gula darah biasanya kurang dari 120-140 mg/dL pada 2 jam setelah makan atau minum cairan yang mengandung gula maupun karbohidrat lainnya.
  • Kadar gula darah yang normal cenderung meningkat secara ringan tetapi progresif (bertahap) setelah usia 50 tahun, terutama pada orang-orang yang tidak aktif bergerak.
  • Peningkatan kadar gula darah setelah makan atau minum merangsang pankreas untuk menghasilkan insulin sehingga mencegah kenaikan kadar gula darah yang lebih lanjut dan menyebabkan kadar gula darah menurun secara perlahan.

. (referensi dari mediscastor)

Uwda gitu aja penjelasan dari DM. Kenapa DM ini berbahaya? jika gula darah ini sudah melewati batas normalnya sesuai dengan tulisan  yang di atas perlu dilakukan penanganan lebih lanjut. jangan di biarkan karena bakal terjadi komplikasi yang berbahaya. oya apa itu complikasi? komplikasi itu adalah menyebabkan terjadinya penyakit lain. jadi kalo uwda terkena DM, bakal ada penyakit lain yang timbul. itulah komplikasi. pahamkan?

apa aja komplikasi DM?

  1. Pembuluh darah Menebal, menyebabkan aliran darah berkurang, terutama menuju Ke kulit dan syaraf.
  2. Kadar zat lemak meningkat, sehingga mempercept terjadinya Aterosklerosis (Penimbunan plak lemak dalam pembuluh darah)
  3. Sirkulasi darah yang buruk ini melalui pembuluh darah besar (makro) bisa melukai otak, jantung, dan pembuluh darah kaki (makroangiopati), sedangkan pembuluh darah kecil (mikro) bisa melukai mata, ginjal, saraf dan kulit serta memperlambat penyembuhan luka.
  4. Serangan Jantung dan Stroke
  5. kerusakan pada Ginjal
  6. gangguan pada syaraf, yang membuat anggota gerak tubuh menjadi lemah
  7. kesemutan atau nyeri seperti terbakar
  8. Berkurangnya aliran darah ke kulit juga bisa menyebabkan ulkus (borok) dan semua penyembuhan luka berjalan lambat. Ulkus di kaki bisa sangat dalam dan mengalami infeksi serta masa penyembuhannya lama sehingga sebagian tungkai harus diamputasi

referensi dari mediacastore

ciri-ciri diabetes Melitus

  1. Sering sekali buang air kecil, terutama saat malam hari. Urine yang dikeluarkan juga dalam jumlah banyak.
  2. Sering merasa lapar dan haus. Nafsu makan meningkat cukup drastis, namun berat badan terus menurun.
  3. Badan mudah lemas, lesu, mengantuk, dan cepat lelah bila mengerjakan sesuatu.
  4. Umumnya penderita akan mengalami gangguan penglihatan.
  5. Ciri diabetes yang lain adalah bila terjadi luka pada kulit, sukar untuk kering atau disembuhkan.
  6. Umumnya terjadi pembengkakan pada kaki penderita.
  7. Sering merasa gatal-gatal pada permukaan kulit.

Cara Penanganan nya.

  • merubah gaya hidup. biasakan hidup sehat, berolah raga, makan teratur (usakan makan makanan yang mengandung Serat contoh sayur, buah2an) hidari makanan yang menagdung lemak tinggi dan yang pastinya jangan terlalu bnyk maem gula. kagak baik gan. Rokok, alkohol di kurangi kalo boleh di hindari. waduh berat banget beban ane karang
  • Lingkaran perut kagak boleh 80cm bagi yang cewek, kalo yang cowok 90cm. waduh waduh.. moga ane kagak segitu.
  • chek up ke dokter deh, seberapa besar kadar gula kita. wajib.. biar kagak menyesal nantinya.
  •  dari hasil penelitian di luar negeri yang terbaru. Ternyata Metformin juga bisa untuk mencegah Cardiovaskuler atau penyakit jantung dan kanker, namun tetep di awasi ama yang ahli. Karena Metformin bisa memperbaiki metabolisme di dalam tubuh dan di perut yang buncit. Untuk diketahui, DM bisa mengakibatkan komplikasi ke Cardiovaskuler atau penyakit yang berhubungan dengan jantung, maupun stroke karena penyempitan pembuluh darah. Bagus untuk DM tipe 2
yang terpenting jangan sampai mengobati, ayo cegah dari sekarang, kita masih muda jangan sampai di vonis DM, mulai sekarang ayo kita olga secara rutin, bagi yang buncit2 ayo senam pagi berjoget biar keluar keringet aja. inget makan teratur yang terpenting “Makan sebelum laper, dan berhenti Sebelum kenyang” kata temen saya. Makan yang secukupnya aja. ngapaen di paksa kalo uwda kagak muat.hehehe
segitu aja yang ane tahu. mungkin temen2 pada tau lebih banyak comen aja. biar postingan ini lebih jelas dan lengkap. berbagi itu indah… saling sharing dengan temen untuk menambah wawasan.
Iklan