Gigi adalah bagian yang terkeras dalam mulut yang memiliki fungsi sebagai pengunyah makanan. seringkali sebagian orang tidak memperdulikan kesehatan gigi dan mulutnya. mereka menganggap sepele masalah penyakit pada gigi dan mulut. namun, jika gigi dan mulut tidak terawat dengan baik bisa mengakibatkan hal yang fatal, seperti salah satu contohnya adalah gigi berlubang. masyarakat hawam kebanyakan tidak memperdulikan efek yang terjadi bila gigi itu tidak terawat. dan alhasil setelah terjadi gigi berlubang mereka berbondong-bondong ke dokter gigi untuk memeriksakan keluhannya. Selain mengganggu fungsi pencernaan makanan, gigi yang berlubang bisa menyebabkan bau yang tidak sedap, dan juga bisa mengganggu penampilan seseorang.

Banyak macam cara penyuluhan tentang cara merawat gigi dan mulut dengan benar melalui media cetak dan media elektronik. penyuluhan secara langsung ke masyarakat tentang kesehatan gilut sudah sering dilaksanakan oleh sebagian Dokter gig dan mahasiswa, tapi saat ini masih saja ada yang belum memahami cara menyikat gigi yang baik  dan benar.

  • berikut saya akan mencoba memberikan suatu gambaran tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar:

  1. Mengisi sikat dengan pasta gigi berfluoride
  2. lakukan penggosokan gigi pada gigi depan, sikat dengan cara vertikal selama 8x
  3. lanjutkan kebagian gigi belakang yang beradapan dengan pipi sikat selama 8x
  4. lakukan penggosokan di bagian dalam mulut yang berbatasan dengan lidah. lakukan 8x
  5. lakukan pada daerah titik gigit gigi (oklusal) pertemuan antara gigi atas dan gigi bawah. caranya sama selama 8x
  6. lakukan penggosokan pada seluruh permukaan gigi kalian
  7. dan terakhir berkumur dengan air. cukup sekali atau 2 kali saja supaya kandungan yang terkandung dalam pasta gigi masih melindungi gigi.

Dalam teknik penyikatan Gigi yang benar perlu juga diperhatikan kondisi sikat gigi yang anda gunakan. pilihlah sikat gigi yang berbulu halus yang tidak dapat menyebabkan gusi berdarah. Sikat gigi yang sudah rombeng atau sudah tidak layak pakai, jangan di gunakan lagi  sebaiknya ganti  dengan yang baru

  • sikat gigi yang baik digunakan
  • Sikat gigi yang Sudah tidak layak pakai

Setelah menyikat gigi lakukan pembersihan dengan menggunakan dental floss atau benang gigi gunanya utnuk membersihkan daerah sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat. Dan juga berkumur dengan mouthwash atau pembersih mulut. Dan selalu kunjungi dokter gigi selama 6 bulan sekali untuk kesehatan gigi dan mulut

lakukan perawatan gigi dan mulut secara rutin 2 kali sehari setelah makan dan sebelum tidur. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

GIGI SEHAT SENYUM INDAH

Ini ada sebuah video dari situs berbagi youtube yang saya persembahkan untuk teman-teman. selamat menonton. mohon kritik dan sarannya sobat.

Iklan