Pernahkah kalian merasa tidak PD?

Pasti semua orang pernah merasa tidak Percaya Diri. Disaat anda sedang berada dalam situasi mendesak, formal, atau tidak PD pada keramaian. Hal seperti itu wajar untuk orang yang normal. Hal yang paling utama menyebabkan ketidakPDan itu adalah rasa MALU. Memang setiap orang pasti mempunyai kemaluan. Tapi, maksud dari kemaluan yang saya bahas disini adalah rasa malu seseorang melakukan sesuatu. Kalau kemaluan yang itu kita bahas lain kali saja hahahaha. Kembali Lagi ke rasa malu yang dimiliki oleh manusia. Malu itu boleh digunakan pada saat yang tepat, contoh : kita malu telanjang di depan umum, kita malu berbuat hal-hal yang melanggar hukum, dll yang tidak bisa diterka oleh akal sehat.

Namun, seringkali kebanyakan orang menempatkan rasa malu itu pada situasi yang mendesak, penting, formal, depan publik, ato saat presentasi dll. Mungkin karena pertama kali melakukannya, atau merasa kurangnya persiapan dalam melakukan sesuatu atau juga karena faktor kebiasaan dimana seseorang yang terbiasa ditempat tertutup dan dengan tiba-taba mereka harus tampil di depan umum. itulah yang menyebabkan orang itu seringkali merasa tidak percaya diri (PD).

Pengalaman saya dengan ketidakPDan itu seringkali terjadi, bahkan saya saat ini masih merasa tidak PD dalam melakukan sesuatu contohnya saat nulis tulisan ini. saya takut tulisan ini malu-maluin, saya takut di ketawain orang, dan saya tidak PD membagi suatu ilmu kepada orang lain. Namun tulisan ini akirnya jadi saya posting karena ditengah-tengah keraguan saya sadar memang tidak memiliki seni dalam menulis, dan saya memang agak kurang dalam merangkai kata-kata. tapi itu bukan suatu halangan buat saya untuk membagi info kepada kawan-kawan sekalian. namanya juga baru belajar, wajarlah salah. tidak mungkin orang itu terlahir dari rahim seorang Ibu dan langsung menjadi orang pintar dan memiliki rasa percaya diri.

mungkin saya mau memberi tips untuk kalian, mudah-mudaha ini bisa bermanfaat untuk kalian. tapi kalau ada kekurang atau menyimpang tolong kasi sarannya ya.

  • coba deh kalian yakin jika kalian melakukan sesuatu. katakan dalam dirimu ” Aku Pasti Bisa”
  • jangan memikirkan hal-hal yang membuatmu takut, seperti kalian takut akan hasilnya tidak memuaskan dan hal-hal yang lainnya yang menurutmu Gagal
  • usahakan kalian harus mempersiapkan segalanya dari awal, dan jika persiapan itu mendadak tenangkan diri dengan cara menarik nafas dan kamu katakan kata-kata mutiara yang bersifat membangun seperti kata2 no 1.
  • pada saat berbicara di public usahakan jangan terpengaruh dengan orang-orang disekitar.
  • usahakan sering bersosialisasi di depan umum secara formal atau informal
  • jika kalian gemetaran di depan umum, coba deh gerakan jari kaki atau anggota dari tubuh kalian, yang penting ada yang bergerak lah suapaya tidak kaku.
  • dan jika kalian mengalami kegagalan untuk pertama kali, jangan lah kalian menyesal dan jangan trauma melakukan hal yang sama. masih ada kesempatan selanjutnya. janganlah menjadikan itu suatu beban yang akan kau pikul selamanya. mau kalian NGGAK PD SELAMANYA? GAG BANED DEH.wkwkwkw
  • dan jika kalian sudah berhasil kembangkan lagi dengan cara bersosialisi, jangan terbiasa menyendiri.

oke sahabat semua sekian tulisan saya. berharap ada manfaatnya.

mohon sarannya kalo ada yang kurang ato yang salah

THX

