Dimalam kelabu yang di temani oleh nyamuk-nyamuk nakal, yang senantiasa menggigiti kulitku yang halus di sertakan darah yang mengucur akibat kenakalan si doi. sungguh membuatku gundah sekaligus resah akibat sengatan mu. tapi apa daya bagi ku  demi selesainya postingan ku kali ini. karena lama daku menunggu otak ini mengeluarkan ide yang tepat untuk tulisan ku. (sedikit serius kali ini). hehehe

oukeh… salam super. kali ini saya akan berusaha untuk membekali  teman-teman sekalian yang telah sudi kiranya membaca dari pada postingan saya kali ini. untuk lebih jelasnya saya akan memulainya. tolong siapkan makanan ringan dan minuman soda terlebih dahulu, dan untuk benda keras seperti bata, sandal, dll tolong di jauhkan. karena apa bila potingan kali ini tidak berkenan di hati agan di mohon tidak melempar saya pake sendal. (xixixix) lempar aja si Jay areng

Jikalau makanan sudah siap segera menuju ke TKP.

Sesuai dengan judul yang tertera di atas tentang “Apa itu Stomatitis” bukan “Hepatitis” gawat tuh. hehe mungkin sebagian besar temen-temen yang berada dalam lingkungan kesehatan sudah memahami dan sudah mengenal apa itu Stomatitis. tidak hanya di kalangan kesehatan saja sudah mengenal apa itu stomatitis, pada masyarakat hawam pun sudah sebagian besar tau apa itu stomatitis. sebelum mengetahui stomatitis ada kalanya agan melihat gambar apa di bawah ini, apa kah asing di mulut kalian?

Iya benar.. seratus buat kalian silakan hadiahnya di ambil di atm masing-masing. wkaka.

Stomatitis atau sariawan  adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi. Seriawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang daripada pria.

Ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya seriawan, seperti luka tergigit, mengkonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit.adapun sariawan atau stomatitis yang disebabkan oleh kontak alergi baik pengaruh dari dalam rongga mulut ataupun pengaruh dari luar rongga mulut seperti stomatitis venenata dan stomatitis medikamentosa.

1. Stomatitis Vennenata
    Penyebabnya :

—-  kontak langsung dengan bahan causative
Bahan causative meliputi :
Lipstik
preparat tabir surya
antiseptik
preparat eugenol
permen karet
tablet isap antibiotik
obat kumur
dan pasta gigi
- kontak langsung dengan bahan restorasi gigi

- kontak langsung dengan kerangka gigi tiruan.

Gejala dari stomatitis Venenata
- Bibir tampak merah, pecah-pecah, membengkak, atau kering dan rasa terbakar.
-  Gingiva juga dapat menunjukkan tanda hipersensitivitas lambat   (Gingivitis sel plasma)
nb : gingiva adalah gusi.
gingivitis adalah radang pada gusi

Perawatannya:

-  Pembuangan alergen atau bahan penyebab alergi untuk kasus yang ringan
-  Penggunaan kortikosteroid topikal untuk kasus yang parah, misalnya disertai   ulseratif dan eritema.

2. Stomatitis Medikamentosa

Stomatitis Medikamentosa adalah stomatitis alergi yang diinduksi secara sistemik sering diakibatkan oleh alergi obat atau alergi terhadap makanan tertentu.

-Penyebabnya

—  Makanan yang biasanya menjadi penyebabnya adalah :

ikan,

coklat,

kacang-kacangan,

tomat,

buah citrun.

—Obat-obatan seperti :

Sulfonamide,

Penicilin,

Streptomisisn,

Cloramfenicol,

Tetrasiclin,

Phenobarbibal,

Hydantoin compounds,

Meprobamate,

Clorpromazine,

Aspirin,

Phenylbutazone,

Quinine,

Thiouracil.

- Gejala dan tandanya

—   Eritema multiforme,

—   Lichenoid drug eruption,

—   Angioedema.

—   Erupsi vesikolobula.

- Perawatannya:

—   Hentikan alergen

—   Pemberian anti histamin

—   Pemberian kortikosteroid topikal

bagaimana agan-agan semua pada ngerti? apa kalian pernah merasakan hal yang demikian kagak? bagaimana perasaan kalian? bahagia apa tidak bahagia? hehe pasti sangat tersiksa sekali mengalami hal yang demikian. mungkin postingan ane bisa membantu sedikit tidaknya buat agan yang menyisihkan waktunya membaca tulisann ini.

mungkin para teman-teman yang lebih mengerti stomatitis tolong di tambahkan. dan kalo saya ada salah mohon di koreksi.

trimakasi.

About these ads